»

Feb 24

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

meditasi

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 

Kegiatan meditasi mungkin, sudah banyak dilakukan oleh beberapa golongan masyarakat, terutama di Indonesia. Bahkan, banyak orang juga yang tidak mengetahui arti dari meditasi sesungguhnya. Banyak yang mengira meditasi berhubungan dengan hal-hal gaib dan berbau supranatural. Namun meditasi tidak hanya dalam ruang lingkup itu saja. Meditasi bisa juga dikaitkan dengan kesehatan, ketenangan dan berguna bagi kehidupan.Pengertian MeditasiMeditasi adalah cara yang dilakukan seseorang untuk melatih dirinya, dalam memiliki cita atau sikap yang lebih baik dan bermanfaat. Banyak sikap yang dijadikan cita-cita bagi orang yang melakukan meditasi ini. Cita yang diharapkan adalah keadaan jiwa yang lebih santai dan rileks, tidak mudah tegang dalam menghadapi situasi dan juga tidak mudah risau. Meditasi ini harus dilakukan secara berulang-ulang agar bisa menciptakan suasana batin seperti yang diharapkan.Banyak orang yang merasa setengah-setengah dalam melakukan sesuatu, dikarenakan belum mengetahui bagaimana manfaatnya yang bisa diperoleh, termasuk meditasi ini. Manfaat meditasi harus diketahui terlebih dahulu, agar seseorang yang ingin melakukan meditasi merasa mantap.Berikut ini beberapa manfaat-manfaat meditasi yang belum diketahui banyak orang :

Manfaat Meditasi Mempengaruhi Kondisi Fisik

1. Berat Badan Menjadi Menurun

Orang yang memiliki berat badan berlebihan bisa mencoba meditasi untuk menurunkan berat badannya. Tidak hanya manfaat olahraga saja, ternyata meditasi juga bisa membuat berat badan seseorang menjadi turun. Hal itu dikarenakan saat meditasi, banyak orang yang bisa menahan keinginanya untuk sekedar ngemil atau makan berat.

2. Melancarkan Pencernaan

Meditasi bisa membuat pencernaan menjadi lancar. Meditasi bisa membuat kondisi perut menjadi tenang seperti mengkonsumsi manfaat buah-buahan yang mengandung serat, begitu pula dengan organ-organ yang ada di dalamnya. Dengan melakukan meditasi gangguan pencernaan bisa teratasi karena proses penyerapan makanan dalam perut yang tenang berjalan secara optimal.

3. Menghindarkan Insomnia

Orang yang terbiasa dengan meditasi akan membuatnya terhindar dari insomnia. Hal itu dikarenakan manfaat meditasi sebelum tidur dibutuhkan pikiran yang tenang dan nyaman agar bisa tidur nyenyak. Orang yang terbiasa meditasi mudah dalam melakukan hal tersebut.

4. Terbebas Dari PMS

Setiap wanita setiap bulannya pasti akan kedatangan tamu. Sebelum kedatangan tamu, wanita akan merasakan gejala PMS. Gejala PMS itu mempengaruhi fisik dan juga psikis. Namun gejala psikislah yang sering mengganggu wanita. Misalnya saja mudah marah atau emosi, bad mood dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat meditasi untuk mengatasi PMS adalah sebagai berikut ini :

  • Membuat tubuh menjadi rileks dan tenang.
  • Kondisi tubuh yang tenang akan berpengaruh ke fisik.
  • Perut tidak terasa nyeri.
  • Mood menjadi lebih baik.
  • Menenangkan hati dan juga pikiran.

5. Mengatasi Hipertensi

Selama ini, mungkin hanya mengetahui manfaat sayur-sayuran yang dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun salah satu penelitian yang dilakukan oleh universitas ternama Havard, menemukan fakta bahwa dengan meditasi akan membuat tubuh seseorang kurang merespons terhadap hormon penyebab stress.

Kurangnya merespon terhadap hormon penyebab stress, orang tidak akan mudah stress dan marah. Orang kalem dan tidak suka marah bisa memiliki tekanan darah normal.

6. Awet Muda

Meditasi bermanfaat untuk membuat seseoang awet muda. Penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

  • Pernapasan yang dilakukan saat meditasi berfungsi sebagai melepas stress
  • Orang yang terbebas dari stress akan lebih awet muda
  • Orang dengan stress yang rendah terhindar dari kerusakan kulit atau lapisan kulit, kulit terhindar dari kekeriputan dan aliran darah menjadi lancar

7. Meningkatkan Konsentrasi

Bagi seseorang yang mudah lupa, meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi bisa dilakukan dengan cara meditasi. Saat seseorang bermeditasi, orang tersebut telah terbiasa untuk konsentrasi dan berusaha fokus memusatkan pikiran pada salah satu cita yang ingin dia capai.

Manfaat Meditasi untuk Keseimbangan Mental

1. Melepas Penat

Melepas penat tidak hanya bisa dilakukan dengan manfaat liburan saja, namun bisa juga dilakukan dengan cara meditasi. Meditasi bisa membuat seseorang lebih bebas dan terbebas dari beban pikiran yang berat. Sebanyak 77% orang yang mengalami masalah stress dan kepenatan bisa diatasi dengan meditasi.

2. Menghilangkan Rasa Sepi

Selain melakukan hobi, rasa sepi juga bisa diusir dengan meditasi. Meditasi selama 30 menit bisa menghilangkan rasa sepi yang menggelayuti diri.

3. Memberikan Perasaan Bahagia

Meditasi bisa membuat seseorang merasa bahagia, hal itu dikarenakan saat meditasi orang tidak akan berfikiran negatif dan berfikiran yang aneh-aneh. Pikiran hanya dipusatkan pada satu cita saja.

4. Meningkatkan Kesadaran

Jika selama ini banyak orang yang tidak sadar akan tujuan hidupnya, lakukanlah meditasi. Pusatkan konsentrasi dan pikiran pada satu tujuan, dengan begitu pelaku meditasi bisa mengetahui secara sadar apa yang ingin dia raih di dalam hidupnya ini.

5. Membuat Lebih Sabar dan Pemaaf

Manfaat meditasi yang dilakukan di tempat dan kondisi yang tenang, bisa membuat seseorang memiliki jiwa dan pikiran yang tenang dan damai pula. Saat orang lain berbuat kesalahan kepadanya, dengan jiwa dan pikiran yang tenang bisa memaafkan orang dengan ikhlas.

6. Menghindarkan dari Kebiasaan Buruk

Bagi orang yang suka melakukan kebiasaan buruk, melakukan meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut. Waktu yang biasanya digunakan untuk melakukan kebiasaan buruk bisa diisi dengan meditasi.

7. Mengembangkan Kepuasan Batin

sponsored links

Yang namanya manusia tidak akan pernah puas. Oleh sebab itu peran manfaat meditasi disini bisa mengembangkan kepuasan batin manusia sehingga bisa membedakan mana kebutuhan dan mana yang cuma keinginan semata. Dengan membedakan keinginan dan kebutuhan tersebut, manusia bisa memprioritaskan mana yang harus dicukupi terlebih dahulu sesuai dengan kemampuannya.

Setelah bisa mencukupi apa yang menjadi kebutuhannya, manusia pun akan memiliki kepuasan batin di dalam dirinya.

8. Mengasah Rasa Tabah

Dalam melakukan gerakan meditasi, manusia akan diajarkan bagaimana menjadi seseorang yang tabah. Membuat manusia menyadari bahwa di dunia ini terdapat kegagalan, musibah, kesedihan dan juga penderitaan.

9. Mengasah Ketenangan Batin

Orang yang suka melakukan meditasi bisa mengasah ketenangan batinnya. Dia tidak akan mudah terpengaruh dengan semua kejadian yang berhubungan dengan patah hati, patah semangat dan juga putus asa.

10. Melatih Sikap Bijaksana

Meditasi bisa membuat seseorang terlatih untuk memiliki bijaksana. Orang-orang yang melakukan meditasi, akan diajarkan bagaimana memandang sesuatu yang ada di dunia ini secara hakikat bukan hanya pada yang tampak oleh mata saja