«

»

Feb 26

CARA BELJAR EFT ATAU SEFT CEPAT DAN MUDAH

CARA BELJAR EFT ATAU SEFT CEPAT DAN MUDAH

HHH

Sejarah EFT
Asal-usul EFT lebih dari 5000 tahun lalu, di Cina, biara Shaolin dan Taoist, menjelaskan energi dan titik meridian pertama kali diperkenalkan. Pengembangan EFT juga merupakan rangkaian sukses Dr George Goodheart, founder Applied Kinesiology dan Dr Roger Callahan, founder TFT (Thought Field Therapy). Pada awal tahun 90 salah satu siswa Dr Callahan, Gary Craig, menyederhanakan algoritma TFT dan prosesnya dibuat secara universal agar bisa diterapkan untuk semua permasalahan mental, emosional dan fisik. Gary Craig adalah Stanford Engineer, Master NLP Practitioner dan pakar Personal Development.

TFT diterapkan oleh praktisi terlatih dan menggunakan urutan titik meridian kompleks. Sedangkan Gary Craig, EFT protokol anda hanya mengetukan seluruh titik meridian untuk setiap masalah, sehingga anda selalu menggunakan titik yang tepat. Keduanya, yaitu EFT dan TFT adalah benar-benar efektif, perbedaannya EFT lebih mudah untuk dipelajari, dapat digunakan oleh semua orang dan dengan protokol yang sama digunakan untuk semua masalah.

APA EFT?

EFT merupakan tehnik penyembuhan emosional yang juga ternyata dapat menyembuhkan gejala-gejala penyakit fisik Hal ini berdasar pada revolusi yang berkembang dalam keyakinan psikologi konvensional. Hal ini menjelaskan bahwa “segala emosi negatif yang muncul dapat merusak energi sistem dalam tubuh”Dengan hasil yang mengejutkan (50-90% tergantung dari pengalaman), EFT menghilangkan gejala-gejala penyakit yang timbul secara rutin EFT dilakukan dengan mengetukkan dua ujung jari pada beberapa lokasi di tubuh. Ketukan-ketukan tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan energi meridian dalam tubuh ketika terjadi gejala-gejala kemunduran fisik dan emosional yang mengganggu Memori secara aktual tetap sama, namun gejala penyakit hilang. Pada umumnya hal ini akan bertahan lama. Kesadaran biasanya merubah perilaku sehat sebagai konsekuensi dari penyembuhan.

Bagaimana Cara EFT bekerja?
EFT adalah terapi meridian energy – versi sederhana akupuntur, yang bekeja langsung pada sistem meridian di tubuh. Namun seperti halnya menggunakan jarum apada akupuntu, anda menstimulasi titik meridian utama dengan mengetuknya dengan ringan. Analoginya, bayangkan meridian seperti sungai. Permasalahan dalam emosi atau fisik sama halnya dengan menghambat jalannya sungai. EFT adalah tehnik penyembuhan tubuh dan pikiran yang mengkombinasikan efek fisik dari perawatan meridian dengan efek mental dalam memfokuskan pada sakit atau permasalahan pada waktu yang sama Ketukan pada titik meridian mengirimkan energi kinetis kepada energi sistem dan membebaskan hambatan yang menutupi aliran energi.

DI BAWAH INI MERUPAKAN TATACRA EFT


Titik-titik ketukan:

1. Awal alis sebelah dalam
2. Tulang di sisi luar mata
3. Tulang di bawah mata
4. Di bawah hidung
5. Di antara mulut dan dagu
6. Awal tulang selangka bagian dalam
7. Titik lembut kira-kira 10 cm di bawah ketiak
8. Di bawah puting
9. Ujung ibu jari
10. Ujung jari telunjuk
11. Ujung jari tengah.
12. Ujung jari
13. Titik gamut
14. Titik karate

PROSEDUR EFT

Langkah-langkah menerapkan EFT sangatlah mudah dan anda bisa mencobanya sendiri dalam beberapa menit saja untuk menyingkirkan apa yang saat ini sedang mengganggu anda. Selanjutnya, ketekunan anda yang akan sangat menentukan tingkat kemahiran anda dalam menerapkan teknik ini. Saya tidak tahu apakah anda tergolong orang yang tekun dan memperhatikan diri anda sendiri. Tetapi, EFT merupakan teknik yang menakjubkan dan ia lebih menakjubkan jika dibarengi dengan kesungguhan dan ketekunan anda dan kesediaan anda meluangkan waktu beberapa menit sehari untuk menggunakannya.

Prosedur Ringkas:

Langkah 1 – Sebut masalah yang Anda hadapi, lebih baik jika anda bisa spesifik.

Langkah 2 – Tentukan derajat kesulitan masalah ini menurut penilaian subjektif anda [skala 0–10, 0 = tidak ada kesulitan, 10 = paling sulit]

Langkah 3 – Sambil mengetuk-ngetuk “titik karate” (karate chop) di tangan anda atau mengusap-usap “titik nyeri” (sore spot) di dada bagian jantung anda, ucapkan: “Meskipun [Saya mempunyai masalah ini], saya menerima diri saya dengan tulus dan apa adanya.” Ucapkan tiga kali dengan keras. Sebagai contoh: “Meskipun saya merasakan nyeri sekali di kepala saya, saya menerima diri saya dengan tulus dan apa adanya.”

Langkah 4 – Dengan menggunakan dua jari, ketuk-ketuklah setiap titik dengan cepat kira-kira 7 kali. Mulailah dari titik 1 (pangkal alis) dan berakhir pada titik 7 (sedikit di bawah ketiak). Sambil mengetuk-ngetuk setiap titik tersebut, ucapkan dengan keras sebuah kata atau frase kunci yang akan membantu Anda untuk tetap fokus pada problem anda. Contoh kata kunci: “nyeri di kepala”

Langkah 5 – Tarik nafas dalam-dalam.

Langkah 6 – Periksa derajat kesulitan anda. Jika anda rasakan ada kemajuan yang berarti, meskipun masih ada problem yang tersisa, ulangi prosedur anda dengan menambahkan kata “masih” pernyataan: “Meskipun saya masih tersisa rasa nyeri di kepala saya, saya menerima diri saya dengan tulus dan apa adanya.” Teruskan sampai derajat kesulitan anda menjadi 0 (nyeri anda hilang sama sekali). Kata atau frase kunci yang bisa anda sebutkan untuk tiap titik: “masih tersisa rasa nyeri di kepala.”

Jika tidak ada perkembangan sama sekali (derajat kesulitan tetap tinggi), atau hanya turun di angka tertentu (misalnya 3) dan tidak bisa mencapai 0, biasanya ada emosi negatif yang mendasari masalah tersebut. Periksalah emosi negatif yang menjadi akar masalah anda, dan singkirkan hal itu dengan prosedur yang serupa.

Prosedur Standar

Inilah prosedur mula-mula yang diperkenalkan oleh Gary Graig. Prosedur ini melibatkan penotokan dari ujung alis hingga ujung-ujung jari tangan dan 9 gamut procedure. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1 – Setup, yakni anda menyampaikan pernyataan sambil mengetuk-ngetuk karate chop atau mengusap-usap sore spot. Biasanya pernyataan diulang 3 kali.

Langkah 2 – Lakukan pengetukan di seluruh titik dari ujung alis hingga ujung-ujung jari dan berakhir di karate chop (lihat gambar). Nyatakan kata atau frase kunci di tiap titik.

Langkah 3 – Lakukan 9 Gamut Procedure.

Langkah 4 – Ulangi lagi sekuen yang sama seperti langkah 2.

9 Gamut Procedure:

Sambil terus mengetuk titik gamut (lihat gambar) di punggung tangan anda, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tutup mata
2. Buka mata
3. Dengan tetap menghadap ke depan, arahkan pandangan ke kanan bawah
4. Gerakkan pandangan ke kiri bawah.
5. Putar bola mata searah jarum jam.
6. Putar bola mata ke arah sebaliknya.
7. Menggumamkan lagu (misalnya, “Happy birthday to you”)
8. Hitung 1-5.
9. Menggumamkan lagu (“happy birthday to you”)

Prosedur Standar atau Ringkas?

Jadi, mana yang lebih ampuh: prosedur ringkas atau yang standar? Pada awal menerapkan tekniknya, Gary Craig selalu melakukan prosedur standar secara lengkap. Kini ia sendiri lebih suka menerapkan versi ringkas EFT (hanya 7 titik dari ujung alis sampai bawah ketiak) dan ia juga lebih banyak meninggalkan 9 gamut procedure. Hasilnya sama-sama hebat. Begitulah saya kira hukum kemahiran

TATA CARA SEFT

Spiritual Emotional Freedom Technique

SEFT merupakan tehnik terapi yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai hambatan baik Emosi maupun Fisik, dengan melakukan sentuhan (Tapping / Totok Jari Ringan) pada titik-titik tertentu pada meridian tubuh.

Terapi ini adalah penggabungan dari 14 macam tehnik terapi, yaitu : Cognitive Therapy (NLP), Behavioral Therapy, Logotherapy, Pscyoanalisa, EMDR, Self Hipnosis, Sugesty & Affirmation, Visualization, Gestalf Therapy, Meditation, Sedona Method, Provocative Therapy, Energy Therapy (EFT), dan Powerfull Prayer (Spiritually).

Pendiri SEFT adalah Bp. Ahmad Faiz Zainuddin, Beliau mempelajari energy psychology oleh pakarnya yaitu : Steve Wells (Australia). Pendiri EFT adalah Gary Craig (California, USA).

Bp. Ahmad Faiz kemudian memasukkan unsur Spiritual (doa) di dalam EFT, sehingga menjadi S-EFT (Spiritual – Emotional Freedom Technique).

SEFT adalah metode baru dalam melakukan EFT. Saya melakukannya pertama kali dengan spontan, dan ternyata berhasil. Lalu saya mengulang nya berkali-kali dalam berbagai kasus, dan mempraktekkannya pada ratusan orang, ternyata hasilnya sangat bagus. Ketika orang-orang yang saya bantu saya tawari mengatasi masalahnya dengan EFT versi Gary Craig atau SEFT versi saya kebanyakan mereka lebih suka SEFT.

Bahkan ketika saya mengikuti pelatihan Energy Psychology lagi di Singapura untuk berguru pada Dr. John Hartung dan Dr. Joseph Guan, ada konselor dari Singapura, Ritta Haq dan Rodney Woulfe yang telah menggunakan EFT selama 3 tahun dalam praktik konseling nya, mengakui bahwa SEFT mereka rasakan lebih efektif dan powerful dibanding EFT versi original. Pengakuan yang sama juga diungkapkan Niale McLoughlin, seorang corporate trainer senior yang telah mempraktekkan energy psychology lebih dari 8 tahun (untuk komentar lengkapnya, silahkan bisa dibaca dibagian sambutan).

Mengapa SEFT lebih diminati dan lebih efektif? Awalnya saya tidak tahu penjelasan ilmiahnya, saya hanya tahu bahwa jika kita menghubungkan segala tindakan kita dengan Allah swt, maka kekuatannya akan berlipat ganda. Ternyata penjelasan ilmiah nya ada dalam penelitian Dr. Lary Dossey.

Larry Dossey MD.1, adalah seorang doktor ahli penyakit dalam yang melakukan penelitian ekstensif tentang efek doa terhadap kesembuhan pasien. Penelitian yang sempat mengguncang dunia kedokteran barat ini dijelaskan secara rinci dan meyakinkan dalam bukunya The Healing Words: The Power of Prayer and The Practice of Medicine. Inti pesan yang ingin disampaikan oleh doter Dossey adalah bahwa doa dan spiritualitas, terbukti dalam penelitian ilmiah, ternyata memiliki kekuatan yang sama besar dengan pengobatan dan pembedahan.

Bagi kita umat beragama, sudah menjadi sesuatu yang “take for grante” bahwa doa berperan sangat penting untuk penyembuhan, bahkan untuk pemecahan segala masalah hidup kita. Tetapi bagi masyarakat barat dan sebagian dari kita yang sangat “science minded”, penelitian Larry Dossey ini menjadi sangat penting artinya untuk memantapkan keyakinan bahwa kekuatan “doa atau spiritualitas” ternyata juga terbukti secara ilmiah.

Tekhnik SEFT
Ada dua versi dalam melakukan SEFT. Yang pertama adalah versi lengkap yang akan segera saya jelaskan, dan yang kedua adalah versi ringkas (short-cut). Keduanya terdiri dari 3 langkah sederhana, perbedaannya hanya pada langkah ketiga (the Tapping). Pada versi singkat, langkah ketiga dilakukan hanya pada 9 titik, dan pada versi lengkap tapping dilakukan pada 18 titik. Sebaiknya anda kuasai dulu versi lengkap ini sebelum versi ringkasnya, agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Versi lengkap maupun versi ringkas SEFT terdiri dari 3 tahap yaitu: The Set-Up, The Tune-in dan The Tapping.

Versi Lengkap SEFT

1. The Set-Up

“The Set-Up” bertujuan untuk memastikan agar aliran energi tubuh kita terarahkan dengan tepat. Langkah ini kita lakukan untuk menetralisir “Psychological reversal” atau “perlawanan psikologis” (biasanya berupa pikiran negatif spontan atau keyakinan bahwa sadar negatif).
Contoh Psychological Reversal ini diantaranya:
· Saya tidak bisa mencapai impian saya
· Saya tidak dapat bicara di depan publik dengan percaya diri
· Saya adalah korban pelecehan seksual yang malang
· Saya tidak bisa menghindari rasa bersalah yang terus menghantui hidup saya
· Saya marah dan kecewa pada istri/suami saya karena dia tidak seperti yang saya harapkan
· Saya kesal dengan anak-anak, karena mereka susah diatur
· Saya tidak bisa melepaskan diri dari kecanduan rokok
· Saya tidak termotivasi untuk belajar, saya pemalas
· Saya tidak mungkin bisa memenangkan pertandingan ini
· Saya menyerah, saya tidak mampu melakukannya.
· Saya… Saya… Saya…

Jika keyakinan atau pikiran negatif seperti contoh di atas terjadi, maka berdo’a dengan khusyu’, ikhlas dan pasrah: “Yaa Allah… meskipun saya _______ (keluhan anda), saya ikhlas, saya pasrah pada-Mu sepenuhnya”

Inilah obatnya: kata-kata di atas disebut The Set-Up Words, yaitu beberapa kata yang perlu anda ucapkan dengan penuh perasaan untuk menetralisir Psychological reversal (keyakinan dan pikiran negatif). Dalam bahasa religius, the set-up words adalah “doa kepasrahan” kita pada Allah swt. Bahwa apapun masalah dan rasa sakit yang kita alami saat ini, kita ikhlas menerimanya dan kita pasrahkan kesembuhan nya pada Allah swt.

“The Set-Up” sebenarnya terdiri dari 2 aktivitas, yang pertama adalah mengucapkan kalimat seperti di atas dengan penuh rasa khusyu’, ikhlas dan pasrah sebanyak 3 kali. Dan yang kedua adalah sambil mengucapkan dengan penuh perasaan, kita menekan dada kita , tepatnya di bagian “Sore Spot” (titik nyeri = daerah di sekitar dada atas yang jika ditekan terasa agak sakit) atau mengetuk dengan dua ujung jari di bagian “Karate Chop”. (lihat gb. 1 dan gb.2 di halaman 36)

Setelah menekan titik nyeri atau mengetuk karate chop sambil mengucapkan kalimat Set-Up seperti di atas, kita melanjutkan dengan langkah kedua, “the Tune-In”.

2. The Tune-In

Untuk masalah fisik, kita melakukan tune-in dengan cara merasakan rasa sakit yang kita alami, lalu mengarahkan pikiran kita ke tempat rasa sakit dan sambil terus melakukan 2 hal tersebut, hati dan mulut kita mengatakan, “saya ikhlas, saya pasrah… yaa Allah..”

Untuk masalah emosi, kita melakukan “Tune-In” dengan cara memikirkan sesuatu atau peristiwa spesifik tertentu yang dapat membangkitkan emosi negatif yang ingin kita hilangkan. Ketika terjadi reaksi negatif (marah, sedih, takut, dsb.) hati dan mulut kita mengatakan, Yaa Allah.. saya ikhlas…. Saya pasrah…

Bersamaan dengan Tune-In ini kita melakukan langkah ke 3 (Tapping). Pada proses inilah (Tune-In yang dibarengi tapping) kita menetralisir emosi negatif atau rasa sakit fisik.

3. The Tapping

Tapping adalah mengetuk ringan dengan dua ujung jari pada titik-titik tertentu di tubuh kita sambil terus Tune-In. titik-titik ini adalah titik-titik kunci dari “The Major Energy Meridians”, yang jika kita ketuk beberapa kali akan berdampak pada ternetralisirnya gangguan emosi atau rasa sakit yang kita rasakan. Karena aliran energi tubuh berjalan dengan normal dan seimbang kembali.

Berikut adalah titik-titik tersebut:

  1. Cr = Crown,Pada titik dibagian atas kepala
  2. EB = Eye Brow,Pada titik permulaan alis mata
  3. SE = Side of the Eye Di atas tulang disamping mata
  4. UE = Under the Eye 2 cm dibawah kelopak mata
  5. UN = Under the Nose,Tepat dibawah hidung
  6. Ch = Chin,Di antara dagu dan bagian bawah bibir
  7. CB = Collar Bone,Di ujung tempat bertemunya tulang dada, collar bone dan tulang rusuk pertama
  8. UA = Under the Arm,Di bawah ketiak sejajar dengan putting susu (pria) atau tepat di bagian tengah tali bra (wanita)
  9. BN = Bellow Nipple2,5 cm di bawah putting susu (pria) atau di perbatasan antara tulang dada dan bagian bahwa payudara
  10. IH = Inside of Hand,Di bagian dalam tangan yang berbatasan dengan telapak tangan
  11. OH = Outside of Hand,Di bagian luar tangan yang berbatasan dengan telapak tangan
  12. Th = Thumb, Ibu jari disamping luar bagian bawah kuku
  13. IF = Index Finger,Jari telunjuk di samping luar bagian bawah kuku (dibagian yang menghadap ibu jari)
  14. MF = Middle Finger, Jari tengah samping luar bagian bawah kuku (di bagian yang menghadap ibu jari)
  15. RF = Ring Finger,Jari manis di samping luar bagian bawah kuku (di bagian yang menghadap ibu jari)
  16. BF = Baby Finger, Di jari kelingking di samping luar bagian bawah kuku (di bagian yang menghadap ibu jari)
  17. KC = Karate Chop,Di samping telapak tangan, bagian yang kita gunakan untuk mematahkan balok saat karate
  18. GS = Gamut Spot,Di bagian antara perpanjangan tulang jari manis dan tulang jari kelingking

Kalimat Set-Up Sapu Jagat ini dapat digunakan bagi klien yang memiliki kelainan jiwa, dan praktisi seft tidak mengetahui atau sulit mengidentifikasi masalah/gangguan yang dialami klien.

Lakukanlah proses set-up, tapping, dan buang nafas dalam satu putaran, sehingga total menjadi 7 kali putaran. Untuk nomor 1 s/d 4 boleh tidak berurutan (jika anda lupa), selanjutnya 5, 6, dan 7 secara berurutan.

Kalimat set-up nya sebagai berikut :

1. Ya Tuhan, walaupun saya MARAH terhadap HIDUP saya, saya IKHLAS menerima MARAH saya ini dan menyerahkan sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
2. Ya Tuhan, walaupun saya KECEWA terhadap HIDUP saya, saya IKHLAS menerima KECEWA saya ini dan menyerahkan sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
3. Ya Tuhan, walaupun saya TAKUT terhadap HIDUP saya, saya IKHLAS menerima TAKUT saya ini dan menyerahkan sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
4. Ya Tuhan, walaupun saya SEDIH terhadap HIDUP saya, saya IKHLAS menerima SEDIH saya ini dan menyerahkan sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
5. Ya Tuhan, walaupun saya TIDAK BISA IKHLAS terhadap HIDUP saya, saya PASRAHKAN sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
6. Ya Tuhan, walaupun saya TIDAK BISA PASRAH terhadap HIDUP saya, saya IKHLASKAN sepenuhnya KESEMBUHAN saya hanya kepada-MU.
7. Ya Tuhan, walaupun HIDUP saya TIDAK BAHAGIA, saya TETAP IKHLAS menerima HIDUP ini dan menyerahkan sepenuhnya KEBAHAGIAN HIDUP saya hanya kepada-MU.

Kalimat set-up Sapu Jagat ini pernah diujicoba kepada klien yang memiliki kelainan jiwa, dalam satu kali putaran (7 set-up) sudah menampakkan hasil. Klien sudah mau mandi(merawat dirinya) dan makan dalam porsi yang normal.

TERAPI SEFT itu kuncinya Ikhlas dan Pasrah ya?..”, tentu saya jawab Ya! Benar..Bos.

Versi Singkat SEFT

Dalam melakukan praktek SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) ada Sembilan Titik Tapping secara singkat dari semua Titik Tapping secara keseluruhan (lengkapnya 18 titik).

Langkah Pertama : Afirmasikan Kalimat Set-Up Sambil menekan dibagian “Sore Spot” (letak Sore Spot adalah di Kanan/Kiri Dada, warna ungu pada gambar) Misal : “Ya Tuhan walaupun saya sakit kepala (sesuaikan dengan sakit atau masalah anda), saya menerima sakit ini, Saya Ikhlas dan Pasrah atas kesembuhan saya hanya kepada-MU” (lakukan dengan Konsentrasi/Khusyu’)

Langkah Ke-dua : Merasakan Sakit atau Masalahnya (Tune In), Tarik Nafas dan rasakan pada letak/posisi Sakitnya/Masalah anda.

Langkah ke Tiga : Melakukan Ketukan Ringan pada Titik Meridian Tubuh sambil mengafirmasikan Doa dan merasakanan sakitnya. Pada setiap melakukan totokan afirmasikan/ucapkan : “Ya Tuhan saya Ikhlas, saya Pasrah.” (jumlah totokan +/- 7 kali seperti mengiringi ucapan tersebut, lakukan minimal 2 kali ucapan)
Untuk memudahkan dalam melakukan totokan, mulailah dari titik pertama (seperti dalam gambar) yaitu Bagian Kepala terus kebagian bawahnya secara berurutan.

Langkah Terakhir : Setelah Totokan selesai, Tarik Nafas melalui hidung dimulai dari letak/lokasi sakitnya kemudian buang nafas melalui mulut (sambil membayangkan bahwa penyakit tersebut ikut keluar bersama keluarnya nafas) dan afirmasikan/ucapkan “Terima Kasih Tuhan/Alhamdulillah/Puji Tuhan” (sesuaikan dengan keyakinan anda).

Dianjurkan sebelum dan sesudah melakukan terapi ini, minumlah air secukupnya. Air dianggap sebagai media untuk melancarkan jalannya energi. Beberapa kasus ditemukan jika tidak minum air akan terjadi rasa haus/dehidrasi.

Demikianlah, sesi singkat (Sembilan Titik Tapping) dalam melakukan SEFT, semoga bisa diterapkan untuk anda dan keluarga.